Saat ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara buka usaha kuliner langsung ramai. Sebagian orang mungkin tidak percaya hal ini dapat dilakukan, namun
demikian bukan berarti tidak mungkin.
1. Common atau umum.
Pastikan produk yang kita pilih adalah produk yang umum atau
sudah dikenal, cari pasar yang sudah ada dan sudah dikenal. Untuk pengusaha
pemula, strategi common ini sangat efektif, karena kalau harus
mencoba membangun pasar yang baru biayanya pasti besar dan investasinya juga
beresiko karena belum berpengalaman. Jangan idealis dulu, awal buka usaha kita
sebaiknya main aman dulu, jangan karena gengsi jadi tidak mau pilih yang umum.
Ingat
rumus kalau mau sukses jangan banyak gengsi, tapi kalau sudah sukses otomatis
bergengsi. Bagaimana mengetahui produk kita umum atau tidak? Caranya, coba
pejamkan mata dan bayangkan kita sebagai konsumen. Contoh: coba sebutkan nasi
goreng, apakah bisa terbayang? atau bakso dan sebagainya, kalau bisa terbayang
itu bisa dikategorikan produk yang umum.
2. Pencitraan melalui sense.
Setelah produk kita lolos kategori umum, mulailah lakukan
pencitraan. Komunikasikan produk kita pada calon konsumen. Pedagang makanan
membuat pencitraan melalui sense penciuman, misalnya tukang sate taburin
bawang goreng di bakaran satenya jadi baunya tercium kemana-mana. Sense penciuman terbukti efektif pada saat
itu memancing perhatian calon konsumen bahkan sampai sekarang masih digunakan.
Pernah dengar Roti Boy atau Papa Bunz, mereka adalah contoh bisnis modern yg
menggunakan sense penciuman dengan aroma khusus yang
tercium dari counternya.
Tapi
saat ini sense yang lebih banyak digunakan adalah sense visual melalui pencitraan yang terlihat.
Contoh sense visual: membangun pencitraan
seolah-olah ramai, dengan menciptakan antrian atau suasana yang ramai di tempat
kita, maka manfaatkanlah komunitas Anda. 75% orang akan datang ke tempat makan
bila melihat tempat tersebut ramai, maka bangunlah kesan ramai terlebih dulu,
kedepannya diharapkan terus ramai. Strateginya bisa dengan
karangan bunga, orang berkumpul berlama-lama atau antrian yang diciptakan.
Pokoknya gimana caranya biar ramai. Contoh bisnis makanan yang menggunakan
strategi menciptakan antrian adalah Bread Talk dan JCo
3. Komunikasikan harga.
Banyak yang lupa mengkomunikasikan harganya pada calon konsumen.
Kenapa banyak orang lebih memilih KFC atau McD, karena mereka punya harga yang
jelas, produk yang jelas, serta pelayanan yang jelas. Selalu komunikasikan
harga dan produk yang jelas, sekarang sudah sangat mudah lewat media banner digital printing. Pastikan terlihat
jelas oleh konsumen.
4. Jadikan
tempat kita sebagai destination.
Produk sudah umum, pencitraan sudah oke, harga sudah jelas, maka
bersiaplah tempat kita akan menjadidestination. Sebagai destination pastikan tempat kita memiliki nama
yang mudah di ingat, logo yang menarik dan warna serta desain tempat yang eye cathcing.
Mulailah dari yang akhir. Selalu positif bahwa tempat kita akan
ramai dan laku, jangan berpikir sebaliknya. Bagaimana
kalau sepi? Ya malah sepi. Tidak pernah ada usaha yang gagal, hanya cara-cara
melakukan usahanya saja yang kadang sering buat gagal. Ingat yang kita jual
bukan cuma produk tapi informasi dari produk kita, semakin kita bisa
menginformasikan produk kita kepada konsumen, semakin cepat juga produk kita
dikenal oleh calon konsumen.
Fasenya adalah: melihat -> penasaran -> tertarik dan
mencoba -> kembali lagi.
Banyak
sekali usaha dengan produk bagus tapi akhirnya gagal di pasaran, karena tidak
mengerti bagaimana cara mengkomunikasikan produknya. Demikian, semoga usahanya
lebih ramai dan makin ramai saja.
Untuk keperluan dapur anda yang hendak diisi dengan barang-barang bahan stainless steel, silahkan menghubungi kami di 08121270745 (HP/WA), atau email: edelkitchen@gmail.com atau kunjungi website kami : www.edelkitchen.com.
Dapur stainless steel membuat ruangan anda lebih elegan dan menawan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar