Selasa, 16 Agustus 2016

Tips Membuka Usaha Langsung Ramai

Saat ini saya akan memberikan sedikit tips bagaimana cara buka usaha kuliner langsung ramai. Sebagian orang mungkin tidak percaya hal ini dapat dilakukan, namun demikian bukan berarti tidak mungkin. 
1. Common atau umum.
Pastikan produk yang kita pilih adalah produk yang umum atau sudah dikenal, cari pasar yang sudah ada dan sudah dikenal. Untuk pengusaha pemula, strategi common ini sangat efektif, karena kalau harus mencoba membangun pasar yang baru biayanya pasti besar dan investasinya juga beresiko karena belum berpengalaman. Jangan idealis dulu, awal buka usaha kita sebaiknya main aman dulu, jangan karena gengsi jadi tidak mau pilih yang umum.
Ingat rumus kalau mau sukses jangan banyak gengsi, tapi kalau sudah sukses otomatis bergengsi. Bagaimana mengetahui produk kita umum atau tidak? Caranya, coba pejamkan mata dan bayangkan kita sebagai konsumen. Contoh: coba sebutkan nasi goreng, apakah bisa terbayang? atau bakso dan sebagainya, kalau bisa terbayang itu bisa dikategorikan produk yang umum.

2. Pencitraan melalui sense.
Setelah produk kita lolos kategori umum, mulailah lakukan pencitraan. Komunikasikan produk kita pada calon konsumen. Pedagang makanan membuat pencitraan melalui sense penciuman, misalnya tukang sate taburin bawang goreng di bakaran satenya jadi baunya tercium kemana-mana. Sense penciuman terbukti efektif pada saat itu memancing perhatian calon konsumen bahkan sampai sekarang masih digunakan. Pernah dengar Roti Boy atau Papa Bunz, mereka adalah contoh bisnis modern yg menggunakan sense penciuman dengan aroma khusus yang tercium dari counternya.
Tapi saat ini sense yang lebih banyak digunakan adalah sense visual melalui pencitraan yang terlihat. Contoh sense visual: membangun pencitraan seolah-olah ramai, dengan menciptakan antrian atau suasana yang ramai di tempat kita, maka manfaatkanlah komunitas Anda. 75% orang akan datang ke tempat makan bila melihat tempat tersebut ramai, maka bangunlah kesan ramai terlebih dulu, kedepannya diharapkan terus ramai. Strateginya bisa dengan karangan bunga, orang berkumpul berlama-lama atau antrian yang diciptakan. Pokoknya gimana caranya biar ramai. Contoh bisnis makanan yang menggunakan strategi menciptakan antrian adalah Bread Talk dan JCo

3. Komunikasikan harga.
Banyak yang lupa mengkomunikasikan harganya pada calon konsumen. Kenapa banyak orang lebih memilih KFC atau McD, karena mereka punya harga yang jelas, produk yang jelas, serta pelayanan yang jelas. Selalu komunikasikan harga dan produk yang jelas, sekarang sudah sangat mudah lewat media banner digital printing. Pastikan terlihat jelas oleh konsumen.
4.  Jadikan tempat kita sebagai destination.
Produk sudah umum, pencitraan sudah oke, harga sudah jelas, maka bersiaplah tempat kita akan menjadidestination. Sebagai destination pastikan tempat kita memiliki nama yang mudah di ingat, logo yang menarik dan warna serta desain tempat yang eye cathcing.
Mulailah dari yang akhir. Selalu positif bahwa tempat kita akan ramai dan laku, jangan berpikir sebaliknya. Bagaimana kalau sepi? Ya malah sepi. Tidak pernah ada usaha yang gagal, hanya cara-cara melakukan usahanya saja yang kadang sering buat gagal. Ingat yang kita jual bukan cuma produk tapi informasi dari produk kita, semakin kita bisa menginformasikan produk kita kepada konsumen, semakin cepat juga produk kita dikenal oleh calon konsumen.
Fasenya adalah: melihat -> penasaran -> tertarik dan mencoba -> kembali lagi.
Banyak sekali usaha dengan produk bagus tapi akhirnya gagal di pasaran, karena tidak mengerti bagaimana cara mengkomunikasikan produknya. Demikian, semoga usahanya lebih ramai dan makin ramai saja. 

Untuk keperluan dapur anda yang hendak diisi dengan barang-barang bahan stainless steel, silahkan menghubungi kami di 08121270745 (HP/WA), atau email: edelkitchen@gmail.com atau kunjungi website kami : www.edelkitchen.com.








Dapur stainless steel membuat ruangan anda lebih elegan dan menawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar